Senin, 10 Februari 2020

Kisi-kisi USBK Fisika 2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER
SMA KUTA PURA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Jenjang
:
SMA
Jumlah Soal
:
40 Pilihan Ganda
Mata Pelajaran
:
Fisika
Alokasi Waktu
:
90 menit
Kurikulum
:
2013
Penyusun
:
Kadek Setiada, S.Pd.



No.
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
No.
Soal
1
Metode ilmiah
Disajikan langkah-langkah dalam melakukan penelitian, siswa mampu mengidentifikasi urutan metode ilmiah.
Pengetahuan dan Pemahaman
PG
1
2
Jangka Sorong dan Angka Penting
Disajikan gambar pengukuran dengan menggunakan jangka sorong, siswa mampu menghitung luas permukaan buku sesuai aturan angka penting.
Aplikasi
PG
2
3
Resultan Vektor Perpindahan
Disajikan gambar pembina pramuka berjalan dalam suatu lintasan tertentu sedang mengecek tenda peserta kemah, siswa mampu menentukan perpindahan pembina pramuka tersebut.
Aplikasi 
PG
3
4
GLB dan GLBB
Disajikan ilustrasi seorang pengendara motor bergerak dengan kecepatan awal (𝑣0) akan berhenti di lampu lalu lintas. Sementara motor hanya mampu memberikan perlambatan maksimum (𝑎), siswa dapat menginterpretasi jarak henti motor (𝑠).  
Analisis 
PG
4
5
Besaran Fisis Gerak Parabola
Disajikan gambar sebuah pesawat terbang dengan kecepatan tetap (𝑣𝑥) dalam arah mendatar pada ketinggian (𝑦) menjatuhkan bom, siswa mampu menemukan jarak mendatar (𝑥) agar bom tepat sasaran.
Analisis
PG
5
6
Hubungan Roda-roda
Disajikan gambar tiga roda A, B, dan C saling berhubungan (A-B serantai, B-C sepusat) dengan perbandingan jari-jari ketiga roda (𝑅𝐴: 𝑅𝐵: 𝑅𝐶) dan kecepatan sudut roda A (𝜔𝐴), siswa dapat menentukan kecepatan linier roda B (𝑣𝐵).
Analisis
PG
6
7
Gerak Lift
Disajikan gambar yang mengilustrasikan sebuah lift bermassa total (𝑚) dengan kawat baja penggantung lift memiliki batas tegangan (𝑇), siswa dapat menganalisis hubungan gaya, massa, dan gerak lurus untuk menentukan percepatan maksimum (𝑎) gerak naik lift agar kawat tidak putus.
Analisis
PG
7
8
Kuat Medan Gravitasi
Disajikan ilustrasi dua buah planet yang memiliki percepatan gravitasi dan jari-jari berbeda, siswa mampu menerapkan konsep percepatan gravitasi untuk menentukan perbandingan massa kedua planet tersebut.
Analisis
PG
8
9
Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial Gravitasi
Siswa dapat menentukan usaha terbesar dari masing-masing ilustrasi hubungan antara usaha dan energi yang disajikan.
Analisis
PG
9
10
Hukum Kekekalan Momentum
Disajikan gambar dua mobil bermassa (𝑚𝐴) dan (𝑚𝐵) bergerak lurus beraturan dengan kecepatan (𝑣𝐴) dan (𝑣𝐵) dalam arah saling tegak lurus, siswa dapat menentukan kecepatan kedua mobil setelah bertabrakan tak lenting.
Aplikasi
PG
11
Periode Pegas
Disajikan ilustrasi dua pegas A dan B digantungi beban yang sama (𝑚). Kedua pegas memiliki perbandingan periode getaran (𝑇𝐴: 𝑇𝐵), siswa dapat menentukan perbandingan konstanta kedua pegas (𝑘𝐴: 𝑘𝐵).
Analisis
PG
12
Torsi dan momen inersia
Disajikan ilustrasi benda putar (gasing) berjari-jari (𝑅) diputar dengan gaya (𝐹), dan benda mengalami percepatan sudut (𝛼), siswa dapat menentukan momen inersia (𝐼) gasing.
Aplikasi
PG
13
Energi Potensial Elastik
Disajikan ilustrasi gambar katapel yang memiliki tiga pasang karet berkonstanta (𝑘), siswa dapat menentukan kecepatan lesat batu bermassa (𝑚) setelah katapel diregangkan sejauh (Δ𝑥).
Analisis
PG
14
Hukum Pascal
Disajikan gambar pompa hidrolik dengan perbandingan dua penampang berbeda (𝐴1: 𝐴2). Sebuah kompresor hanya mampu memberikan gaya dorong pada penampang 1 sebesar (𝐹1), siswa dapat menentukan mobil mana saja yang dapat diangkat oleh pompa.
Aplikasi
PG
15
Gaya Angkat Sayap Pesawat
Disajikan gambar pesawat terbang yang memiliki luas total sayap (𝐴). Jika diketahui kecepatan masing-masing udara (massa jenis 𝜌) mengalir di bagian atas dan bawah sayap pesawat sebesar (𝑣𝐴) dan (𝑣𝐵), siswa dapat menentukan besar gaya angkat (𝐹𝐴) yang dihasilkan oleh sayap pesawat.
Aplikasi
PG
16
Konduktivitas
Disajikan gambar sambungan 2 buah logam berukuran sama. Konduktivitas logam 1 (𝑘1) dan bersuhu (𝑇1) sedangkan logam 2 ujungnya bersuhu (𝑇2). Jika pada sambungan kedua logam bersuhu (𝑇𝑠), siswa dapat menemukan konduktivitas logam 2 (𝑘2).
Analisis
PG
17
Tekanan Gas
Disajikan besaran-besaran fisika yang terdapat dalam teori kinetik gas, siswa mampu mengidentifikasi besaran-besaran yang mempengaruhi meningkatnya tekanan gas.
Pemahaman
PG
18
Koefisien Performansi
Disajikan gambar kulkas dengan freezer sebagai reservoir suhu rendah (𝑇2) dan suhu lingkungan sebagai reservoir suhu tinggi (𝑇1), siswa dapat menganalisis besar koefisien performansi (𝐾) kulkas.
Analisis
PG
19
Tsunami
Disajikan ilustrasi gelombang Tsunami, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik gelombang Tsunami
Analisis
PG
20
Gelombang
Berjalan
Disajikan gambar gelombang transversal pada grafik hubungan y (simpangan) terhadap t (waktu), siswa dapat menemukan persamaan simpangan gelombang tersebut.
Analisis
PG
21
Taraf Intensitas Bunyi
Disajikan ilustrasi pabrik garmen dengan banyak mesin jahit. Sebuah mesin bertaraf intensitas bunyi (𝑇1). Namun pemerintah membatasi tingkat kebisingan yang timbul dengan taraf intensitas (𝑇2), siswa  mampu menghitung jumlah (𝑛) maksimal mesin jahit yang diperbolehkan di pabrik garmen.
Aplikasi
PG

Interferensi Kisi
Disajikan gambar percobaan interferensi celah ganda dengan pola terang keenam, siswa mampu menghitung panjang gelombang (𝜆) cahaya tersebut pada kisi sebanyak (𝑁) dan letak layar sejauh (𝐿).
Aplikasi
PG
22
Cacat Mata
Disajikan ilustrasi seorang penderita Miopia, siswa mampu menghitung kuat lensa yang diperlukan agar penderita Miopia dapat melihat dengan normal.
Analisis
PG
23
Pencegahan Pemanasan Global
Disajikan ilustrasi gejala pemanasan global, siswa dapat menganalisis upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global.
Analisis
PG
24
Hukum Ohm dan Rangkaian Resistor
Disajikan gambar rangkaian komponen listrik berupa baterai (𝜖, 𝑟), lampu (𝑅𝐿) dengan batas arus maksimum (𝐼), dan tiga buah resistor (𝑅1, 𝑅2, 𝑅3). Siswa dapat menganalisis susunan resistor agar lampu terang maksimum.
Analisis
PG
25
Gaya Listrik (Gaya Coulomb)
Disajikan gambar tiga buah muatan berada pada posisi sejajar, siswa mampu menghitung besar salah satu muatan agar gaya Coulomb pada muatan yang berada di tengah menjadi nol.
Analisis
PG
26
Gaya Magnet (Gaya Lorentz)
Diberikan gambar sepotong kawat sepanjang (𝐿), berarus listrik (𝐼) berada di antara dua kutub magnet bermedan (𝐵), siswa mampu menganalisis gaya Lorentz yang dialami kawat.
Analisis
PG
27
GGL Induksi
Disajikan ilustrasi sebuah kumparan dalam fluks magnetik yang berubah terhadap waktu yang dinyatakan dalam suatu persamaan kuadrat, siswa mampu menganalisis besar ggl induksi yang terjadi pada ujung-ujung kumparan.
Analisis
PG
28
Impedansi
Disajikan gambar rangkaian R-L-C dan persamaan tegangan, siswa mampu menghitung impedansi rangkaian.
Analisis
PG
29
Manfaat dan Dampak Radiasi Elektromagnetik
Disajikan tabel manfaat dalam teknologi dan dampak radiasi elektromagnetik dalam kehidupan, siswa dapat menganalisis pernyataan yang tepat.
Analisis
PG
30
Fenomena Relativitas Khusus
Disajikan ilustrasi sebuah sosis dalam keadaan diam memiliki massa (𝑚0), panjang (𝐿0), dan waktu kedaluwarsa (𝑡0). Jika sosis tersebut berada dalam pesawat yang bergerak mendekati kecepatan cahaya (𝑐), siswa dapat menjelaskan fenomena relativitas khusus yang terjadi pada sosis tersebut. 
Pemahaman
PG
31
Gejala Kuantum
Disajikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan fenomena fisika, siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat berkaitan dengan gejala kuantum.
Pemahaman
PG
32
Data Analog dan Digital
Disajikan beberapa penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat berkaitan dengan konsep penyimpanan dan transmisi data analog maupun digital.
Pemahaman
PG
33
Waktu Paruh
Disajikan ilustrasi penemuan situs candi purbakala di mana kandungan atom karbon dalam beberapa serpihannya diketahui. Siswa dapat menganalisis karakteristik inti atom dan radioaktivitas untuk menentukan umur candi. 
Analisis
PG
34
Krisis Energi
Disajikan ilustrasi krisis energi yang terjadi di Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi solusi untuk mengatasi keterbatasan energi.
Analisis
PG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar