SMA KUTA PURA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Jenjang
|
:
|
SMA
|
Jumlah Soal
|
:
|
40 Pilihan
Ganda
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Fisika
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
90 menit
|
Kurikulum
|
:
|
2013
|
Penyusun
|
:
|
Kadek
Setiada, S.Pd.
|
No.
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
No.
Soal
|
1
|
Metode ilmiah
|
Disajikan langkah-langkah
dalam melakukan penelitian, siswa mampu mengidentifikasi urutan metode
ilmiah.
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
PG
|
|
2
|
Jangka Sorong dan Angka
Penting
|
Disajikan gambar pengukuran
dengan menggunakan jangka sorong, siswa mampu menghitung luas permukaan buku
sesuai aturan angka penting.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
3
|
Resultan Vektor Perpindahan
|
Disajikan gambar pembina
pramuka berjalan dalam suatu lintasan tertentu sedang mengecek tenda peserta
kemah, siswa mampu menentukan perpindahan pembina pramuka tersebut.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
4
|
GLB dan GLBB
|
Disajikan ilustrasi seorang
pengendara motor bergerak dengan kecepatan awal (𝑣0) akan berhenti di lampu
lalu lintas. Sementara motor hanya mampu memberikan perlambatan maksimum (𝑎), siswa dapat
menginterpretasi jarak henti motor (𝑠).
|
Analisis
|
PG
|
|
5
|
Besaran Fisis
Gerak Parabola
|
Disajikan gambar sebuah
pesawat terbang dengan kecepatan tetap (𝑣𝑥) dalam arah mendatar pada
ketinggian (𝑦) menjatuhkan bom, siswa
mampu menemukan jarak mendatar (𝑥) agar bom tepat sasaran.
|
Analisis
|
PG
|
|
6
|
Hubungan Roda-roda
|
Disajikan gambar tiga roda
A, B, dan C saling berhubungan (A-B serantai, B-C sepusat) dengan
perbandingan jari-jari ketiga roda (𝑅𝐴:
𝑅𝐵: 𝑅𝐶) dan kecepatan sudut roda A
(𝜔𝐴), siswa dapat menentukan
kecepatan linier roda B (𝑣𝐵).
|
Analisis
|
PG
|
|
7
|
Gerak Lift
|
Disajikan gambar yang
mengilustrasikan sebuah lift bermassa total (𝑚)
dengan kawat baja penggantung lift memiliki batas tegangan (𝑇), siswa dapat menganalisis
hubungan gaya, massa, dan gerak lurus untuk menentukan percepatan maksimum (𝑎) gerak naik lift agar kawat
tidak putus.
|
Analisis
|
PG
|
|
8
|
Kuat Medan Gravitasi
|
Disajikan ilustrasi dua
buah planet yang memiliki percepatan gravitasi dan jari-jari berbeda, siswa
mampu menerapkan konsep percepatan gravitasi untuk menentukan perbandingan
massa kedua planet tersebut.
|
Analisis
|
PG
|
|
9
|
Usaha, Energi Kinetik, dan
Energi Potensial Gravitasi
|
Siswa dapat menentukan
usaha terbesar dari masing-masing ilustrasi hubungan antara usaha dan energi
yang disajikan.
|
Analisis
|
PG
|
|
10
|
Hukum Kekekalan Momentum
|
Disajikan gambar dua mobil
bermassa (𝑚𝐴) dan (𝑚𝐵) bergerak lurus beraturan
dengan kecepatan (𝑣𝐴) dan (𝑣𝐵) dalam arah saling tegak
lurus, siswa dapat menentukan kecepatan kedua mobil setelah bertabrakan tak
lenting.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
11
|
Periode Pegas
|
Disajikan ilustrasi dua pegas A dan B digantungi beban
yang sama (𝑚). Kedua pegas memiliki
perbandingan periode getaran (𝑇𝐴:
𝑇𝐵), siswa dapat menentukan perbandingan konstanta kedua
pegas (𝑘𝐴:
𝑘𝐵).
|
Analisis
|
PG
|
|
12
|
Torsi dan momen inersia
|
Disajikan ilustrasi benda
putar (gasing) berjari-jari (𝑅) diputar dengan gaya (𝐹), dan benda mengalami
percepatan sudut (𝛼), siswa dapat menentukan
momen inersia (𝐼) gasing.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
13
|
Energi Potensial Elastik
|
Disajikan ilustrasi gambar
katapel yang memiliki tiga pasang karet berkonstanta (𝑘), siswa dapat menentukan
kecepatan lesat batu bermassa (𝑚) setelah katapel
diregangkan sejauh (Δ𝑥).
|
Analisis
|
PG
|
|
14
|
Hukum Pascal
|
Disajikan gambar pompa
hidrolik dengan perbandingan dua penampang berbeda (𝐴1: 𝐴2). Sebuah kompresor hanya
mampu memberikan gaya dorong pada penampang 1 sebesar (𝐹1), siswa dapat menentukan
mobil mana saja yang dapat diangkat oleh pompa.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
15
|
Gaya Angkat
Sayap Pesawat
|
Disajikan gambar pesawat
terbang yang memiliki luas total sayap (𝐴). Jika diketahui kecepatan
masing-masing udara (massa jenis 𝜌) mengalir di bagian atas
dan bawah sayap pesawat sebesar (𝑣𝐴) dan (𝑣𝐵), siswa dapat menentukan
besar gaya angkat (𝐹𝐴) yang dihasilkan oleh sayap
pesawat.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
16
|
Konduktivitas
|
Disajikan
gambar sambungan 2 buah logam berukuran sama. Konduktivitas logam 1 (𝑘1) dan bersuhu (𝑇1) sedangkan logam 2 ujungnya
bersuhu (𝑇2). Jika pada sambungan kedua
logam bersuhu (𝑇𝑠), siswa dapat menemukan
konduktivitas logam 2 (𝑘2).
|
Analisis
|
PG
|
|
17
|
Tekanan Gas
|
Disajikan besaran-besaran
fisika yang terdapat dalam teori kinetik gas, siswa mampu mengidentifikasi
besaran-besaran yang mempengaruhi meningkatnya tekanan gas.
|
Pemahaman
|
PG
|
|
18
|
Koefisien Performansi
|
Disajikan gambar kulkas
dengan freezer sebagai reservoir
suhu rendah (𝑇2) dan suhu lingkungan
sebagai reservoir suhu tinggi (𝑇1), siswa dapat menganalisis
besar koefisien performansi (𝐾) kulkas.
|
Analisis
|
PG
|
|
19
|
Tsunami
|
Disajikan ilustrasi
gelombang Tsunami, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik gelombang
Tsunami
|
Analisis
|
PG
|
|
20
|
Gelombang
Berjalan
|
Disajikan gambar gelombang
transversal pada grafik hubungan y (simpangan) terhadap t (waktu), siswa
dapat menemukan persamaan simpangan gelombang tersebut.
|
Analisis
|
PG
|
|
21
|
Taraf Intensitas Bunyi
|
Disajikan ilustrasi pabrik garmen dengan banyak mesin
jahit. Sebuah mesin bertaraf intensitas bunyi (𝑇1). Namun pemerintah membatasi tingkat kebisingan yang
timbul dengan taraf intensitas (𝑇2), siswa mampu menghitung jumlah (𝑛) maksimal mesin jahit yang
diperbolehkan di pabrik garmen.
|
Aplikasi
|
PG
|
|
Interferensi Kisi
|
Disajikan gambar percobaan
interferensi celah ganda dengan pola terang keenam, siswa mampu menghitung
panjang gelombang (𝜆) cahaya tersebut pada kisi
sebanyak (𝑁) dan letak layar sejauh (𝐿).
|
Aplikasi
|
PG
|
||
22
|
Cacat Mata
|
Disajikan ilustrasi seorang
penderita Miopia, siswa mampu menghitung kuat lensa yang diperlukan agar
penderita Miopia dapat melihat dengan normal.
|
Analisis
|
PG
|
|
23
|
Pencegahan Pemanasan Global
|
Disajikan ilustrasi gejala
pemanasan global, siswa dapat menganalisis upaya pencegahan yang dapat
dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global.
|
Analisis
|
PG
|
|
24
|
Hukum Ohm dan Rangkaian
Resistor
|
Disajikan gambar rangkaian
komponen listrik berupa baterai (𝜖,
𝑟),
lampu (𝑅𝐿) dengan batas arus maksimum
(𝐼), dan tiga buah resistor (𝑅1, 𝑅2,
𝑅3).
Siswa dapat menganalisis susunan resistor agar lampu terang maksimum.
|
Analisis
|
PG
|
|
25
|
Gaya Listrik (Gaya Coulomb)
|
Disajikan gambar tiga buah
muatan berada pada posisi sejajar, siswa mampu menghitung besar salah satu
muatan agar gaya Coulomb pada muatan yang berada di tengah menjadi nol.
|
Analisis
|
PG
|
|
26
|
Gaya Magnet
(Gaya Lorentz)
|
Diberikan gambar sepotong
kawat sepanjang (𝐿), berarus listrik (𝐼) berada di antara dua kutub
magnet bermedan (𝐵), siswa mampu menganalisis
gaya Lorentz yang dialami kawat.
|
Analisis
|
PG
|
|
27
|
GGL Induksi
|
Disajikan ilustrasi sebuah
kumparan dalam fluks magnetik yang berubah terhadap waktu yang dinyatakan
dalam suatu persamaan kuadrat, siswa mampu menganalisis besar ggl induksi
yang terjadi pada ujung-ujung kumparan.
|
Analisis
|
PG
|
|
28
|
Impedansi
|
Disajikan gambar rangkaian
R-L-C dan persamaan tegangan, siswa mampu menghitung impedansi rangkaian.
|
Analisis
|
PG
|
|
29
|
Manfaat dan Dampak Radiasi
Elektromagnetik
|
Disajikan tabel manfaat
dalam teknologi dan dampak radiasi elektromagnetik dalam kehidupan, siswa
dapat menganalisis pernyataan yang tepat.
|
Analisis
|
PG
|
|
30
|
Fenomena Relativitas Khusus
|
Disajikan ilustrasi sebuah sosis dalam keadaan diam
memiliki massa (𝑚0), panjang (𝐿0), dan waktu kedaluwarsa (𝑡0). Jika sosis tersebut
berada dalam pesawat yang bergerak mendekati kecepatan cahaya (𝑐), siswa dapat menjelaskan
fenomena relativitas khusus yang terjadi pada sosis tersebut.
|
Pemahaman
|
PG
|
|
31
|
Gejala Kuantum
|
Disajikan beberapa
pernyataan yang berkaitan dengan fenomena fisika, siswa dapat menentukan
pernyataan yang tepat berkaitan dengan gejala kuantum.
|
Pemahaman
|
PG
|
|
32
|
Data Analog dan Digital
|
Disajikan beberapa
penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari,
siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat berkaitan dengan konsep
penyimpanan dan transmisi data analog maupun digital.
|
Pemahaman
|
PG
|
|
33
|
Waktu Paruh
|
Disajikan ilustrasi
penemuan situs candi purbakala di mana kandungan atom karbon dalam beberapa
serpihannya diketahui. Siswa dapat menganalisis karakteristik inti atom dan
radioaktivitas untuk menentukan umur candi.
|
Analisis
|
PG
|
|
34
|
Krisis Energi
|
Disajikan ilustrasi krisis
energi yang terjadi di Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi solusi untuk
mengatasi keterbatasan energi.
|
Analisis
|
PG
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar