Sabtu, 25 Januari 2020

Ujian Sekolah 2020

Ujian yang diselenggarakan oleh SMA Kuta Pura merupakan penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ujian Sekolah yang dilaksanakan di SMA Kuta Pura berbasis komputer yang selanjutnya disebut USBK. Berikut ini adalah administrasi perencanaan USBK.
Kisi-kisi soal USBK: http://gg.gg/kisisoalusbk

Sabtu, 14 Desember 2019

PKP IN-5: LAPORAN BEST PRACTICE

IN-5: LAPORAN BEST PRACTICE
Kegiatan 1
:
Presentasi Laporan Best Practice
Waktu
:
6 JP
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Bahan Presentasi
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

08.00 - 08.10
:
Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran teknik Presentasi Laporan Best Practice (10’)
08.10 - 11.30
:
Peserta secara bergantian mempresentasikan laporan Best Practice yang telah disusun selama lebih kurang 15 menit secara Pleno (200’)
11.30 - 11.50
:
Guru inti membuka sesi pertanyaan, supaya peserta lain dapat lebih belajar dari hasil Best Practice yang dipresentasikan oleh temannya (20’)
11.50 - 12.20
:
Guru Inti memberikan penguatan setiap peserta selesai melakukan presentasi (30’)
12.20 - 12.30
:
Guru inti memberikan penguatan secara umum terkait proses yang dilakukan
selama IN dan ON (10’)

Minggu, 08 Desember 2019

PKP ON-3: PRAKTIK PEMBELAJARAN KE-2

ON-3 PRAKTIK PEMBELAJARAN KE-2
Kegiatan 1
:
Praktik Pembelajaran Unit ke-2
Waktu
:
8 JP
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. RPP
3. Format lembar pengamatan praktik pembelajaran berorientasi HOTS
4. LK-7 Jurnal Praktik Pembelajaran
5. R-7. Rubrik Jurnal Praktik Pembelajaran
Panduan KS-PS
:
Instrumen
:
LK
:
Langkah-langkah
:


:
Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran

:
Peserta melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah di susun pada IN-4

:
Peserta mengisi LK-7 Jurnal Praktik Pembelajaran

Sabtu, 07 Desember 2019

PKP IN-4: REFLEKSI PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1 DAN REVIU RPP UNIT KE-2

IN-4: REFLEKSI PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1 DAN REVIU RPP UNIT KE-2
Kegiatan 1
:
Refleksi Praktik Pembelajaran Unit ke-1
Waktu
:
08.00 - 09.30
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Bahan Presentasi
3. LK-8 Format Catatan Refleksi
4. R- 8. Catatan Refleksi
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

08.00 - 08.10
:
Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran Refleksi Praktik Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah (10’),
08.10 - 08.15
:
Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang dalam satu kelompok (5’).
08.15 - 08.40
:
Secara mandiri peserta melakukan refleksi dengan menggunakan  LK8(25’).
08.40 - 08.55
:
Peserta melakukan Curah Pendapat dan membuat kesimpulan di kelompok masing-masing terkait LK-8 (15’).
08.55 - 09.20
:
Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kesimpulan ke depan kelas (25’).
09.20 - 09.30

Penguatan (10’)

Jumat, 06 Desember 2019

Kamis, 05 Desember 2019

Format Nilai Perhotelan Semester Ganjil TP 2019/2020

Kepada guru-guru perhotelan agar mengunduh (download) format nilai perhotelan berikut!
Langkah-langkah:
1) klik tautan (link) yang tersedia
2) unduh (download) format pada tautan yang tersedia
3) isi nilai sebagai berikut
    - Kognitif: nilai pengetahuan, diisi angka puluhan (xx)
    - Psikomotor: nilai keterampilan siswa, diisi angka puluhan (xx)
    - Afektif: nilai sikap siswa, diisi predikat A, B, C, atau K
    - Deskripsi: uraian kompetensi yang telah dicapai siswa dan yang perlu ditingkatkan
4) unggah (upload) kembali format nilai yang telah terisi ke whatsapp atau ke alamat: Link Upload

Selasa, 03 Desember 2019

PKP ON-2: PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1

ON-2 PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1
Kegiatan 1
:
Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS Unit ke-1 (RPP ke-1)
Waktu
:
5 JP
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP)
3. Format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
4. LK-7 Jurnal Praktik Mengajar
5. Rubrik Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
Panduan KS-PS
:
Instrumen
:
LK
:
Langkah-langkah
:
Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan praktik pembelajaran

:
Peserta melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3

:
Pengawas pembina melakukan pengamatan praktik pembelajaran yang dilakukan peserta dengan menggunakan format yang telah tersedia

:
Peserta mengisi Jurnal Praktik Mengajar (LK-7)

Senin, 02 Desember 2019

PKP IN-3: REVIU RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK UNIT KE-2

IN-3: REVIU RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK UNIT KE-2
Kegiatan 1
:
Reviu RPP Unit ke-1
Waktu
:
08.00 - 11.00
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Zonasi Program PKP
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran On-2
3. Bahan Presentasi
4. LK-6 Reviu RPP
5. R-6. Rubrik Tinjauan RPP
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

08.00 - 08.10
:
Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran Reviu RPP (10’),
08.10 - 08.25
:
Peserta dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik melakukan Reviu RPP berorientasi HOTS (15’)
08.25 - 08.35
:
Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan Reviu RPP dengan menggunakan LK-6 kemudian memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-Reviu (10’)
08.35 - 10.50
:
Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu LK-6 (135’)
10.50 - 11.00
:
Penguatan

Jumat, 29 November 2019

PKP ON-1: PENYUSUNAN RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNIT KE-2

ON-1 PENYUSUNAN RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNIT KE-2
Kegiatan 1
:
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu
:
10 JP
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Zonasi Program PKP
2. LK-5 Pengembangan RPP
3. LK-3 Desain Pembelajaran
4. LK-4.a Kisi-kisi Soal HOTS
5. LK-4.b Kartu Soal Pilihan Ganda Soal HOTS
6. LK-4.c Kartu Soal Uraian Soal HOTS
7. R-4. Rubrik Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
8. R-5. Desain Pembelajaran
9. R-6. Rubrik Pengembangan RPP
Panduan KS-PS
:
Instrumen
:
LK
:
Langkah-langkah
:
1. Pengembangan Pembelajaran:
a. Peserta mengkaji sistematika penyusunan RPP berorientasi HOTS (LK-5)
b. RPP disusun secara individu sesuai dengan jenjangnya berdasarkan pada LK-3 yang telah dikerjakan pada kegiatan IN-2
c. Melengkapi RPP dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
d. Penilaian pengetahuan memasukkan soal-soal HOTS yang telah disusun pada LK-4 di kegiatan IN-2.
e. Menyusun Bahan Ajar dan dilampirkan pada RPP.

:
2. Desain Pembelajaran Unit ke-2
a. Mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan ketentuan (110’):
1) Unit pembelajaran ke-2 didesain untuk digunakan pada ON-3.
2) Guru kelas (tematik terpadu):
- Mendesain pembelajaran dengan memadukan minimal dua mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada On-3.
- Jika pada On-3 muatan mata pelajaran yang akan diajarkan tidak ada unit pembelajarannya maka guru harus mengembangkan sendiri muatan mata pelajaran tersebut dan dipadukan dengan muatan mata pelajaran yang ada unit pembelajarannya. 

 :
3. Desain Penilaian Pembelajaran
a. Mengembangkan penilaian pembelajaran berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih pada LK-4.
b. Menyusun soal HOTS dengan menggunakan LK-4 dengan langkah kegiatan sebagai berikut:
1) Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2) Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3) Menyusun soal uraian pada LK-4.c