IN-1 PERTEMUAN AWAL
Kegiatan 1
|
:
|
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
|
Waktu
|
:
|
1JP
|
Media
|
:
|
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Buku Pedoman Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
3. Petunjuk Teknis (Juknis) Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
4. Bahan Presentasi
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
-
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
09.00 -
09.25
|
:
|
Peserta menyimak paparan tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP
Berbasis Zonasi (25’).
|
09.25 -
09.45
|
:
|
Tanya jawab tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
(20’).
|
Kegiatan 2
|
:
|
Integrasi
PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis HOTS
|
Waktu
|
:
|
1JP
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan
Presentasi
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
-
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
09.45 -
09.50
|
:
|
Fasilitator
memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran serta
membagi 4 kelompok besar (5’)
|
09.50 -
10.00
|
:
|
Peserta
menuliskan contoh penerapan PPK dan GLN di sekolah masing-masing ke kertas post-it
(10’)
|
10.00 -
10.10
|
:
|
Ketua
kelompok memfasilitasi setiap anggota untuk menempelkan dan mengategorikan
post-it contoh penerapan PPK dan GLN pada kertas plano yang ditentukan
fasilitator. (10’)
|
10.10 -
10.20
|
:
|
Peserta
melakukan walking gallery ke kelompok lain (10’)
|
10.20 -
10.30
|
:
|
Fasilitator
memberikan penguatan. (10’)
|
Kegiatan 3
|
:
|
Pengenalan
Kelas Pendampingan Online
|
Waktu
|
:
|
4JP
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Instruktur Kab./Kota
2. Buku
Manual Pendampingan Online
3. Bahan
Presentasi
4. Laptop
5. Akses
Internet
6. Alamat
website pendampingan online
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
-
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
10.30 - 13.00
|
:
|
Peserta
dibagi ke dalam beberapa kelompok (@ 4 orang) (150’)
a. Peserta
membuka SIM PKB dengan username dan password masing-masing,
b. Peserta
membuka kelas pendampingan online yang terdapat pada SIM
PKB,
c. Peserta
melakukan aktivitas pembelajaran pada sesi latihan.
|
13.00 -
13.30
|
:
|
Fasilitator
memberikan penguatan. (30’)
|
Kegiatan 4
|
:
|
Konsep
HOTS dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (unit ke-1)
|
Waktu
|
:
|
4JP
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Buku
3. Unit
Pembelajaran HOTS
4. Dokumen
Regulasi yang terkait
5. Bahan
Presentasi
6. LK-1 Konsep
HOTS
7. Video
Pembelajaran HOTS
8. R-1.
Rubrik Hasil Kajian.
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
13.30 - 13.50
|
:
|
Fasilitator
menjelaskan cara pengisian dan kegunaan Penilaian Diri bagi guru. Dengan
langkah kegiatan sebagai berikut (20’):
a
Mendiskusikan teknik pengisian instrumen Penilaian Diri
b Mengisi
instrumen Penilaian Diri
c
Mendiskusikan hasil Penilaian Diri
|
13.50 -
14.10
|
:
|
Fasilitator
menjelaskan konsep dasar HOTS yang memuat pengertian, karakteristik, aspek,
dan dimensi pengetahuan serta dimensi berpikir (20’)
|
14.10 - 14.55
|
:
|
Peserta
dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan maksimal 4 orang, setiap kelompok
mendiskusikan Konsep HOTS dengan menggunakan lembar kegiatan (LK-1).
a.
Mengkaji Konsep HOTS menggunakan LK-1a dengan langkah-langkah
sebagai
berikut (1 JP)
1)
Cermatilah contoh Video Pembelajaran!
2)
Cermatilah RPP yang sesuai dengan Video Pembelajaran yang dianalisis!
3)
Tuliskan kegiatan pembelajaran yang menggambarkan aktivitas pembelajaran:
a) PPK
b) Literasi
c) Transfer Knowledge
d) Critical dan creative thinking
e) Problems solving
4) Guru
inti menunjuk 2 kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada
LK-1.a.
|
14.55 -
15.15
|
b. Khusus
jenjang SMP, SMA dan SMK mengkaji hasil Ujian Nasional (UN) dengan
menggunakan data dari PUSPENDIK pada aplikasi PAMER (20’), dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
1)
Memperhatikan data UN dari PUSPENDIK pada aplikasi PAMER
2)
Melakukan analisis dari hasil UN dengan kegiatan:
- Pilih
salah satu CAKUPAN MATERI pada mata pelajaran yang di UN kan!
- Berdasarkan
hasil PRESENTASE SISWA BENAR dari rata-rata SEKOLAH nilai yang diperoleh
siswa di bawah KKM MATA PELAJARAN terdapat pada KEMAMPUAN YANG DIUJI dan pada
KD KELAS/SEMESTER mana saja?
- Bandingkan
rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata KAB/KOTA
- Bandingkan
rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata PROPINSI
- Banding
rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata NASIONAL
- Buatlah
kesimpulan dan saran dari hasil analisis pada satu CAKUPAN MATERI tersebut!
- Berdasarkan
hasil analisis tentukan Unit Pembelajaran/bahan pembelajaran yang
diprioritaskan untuk dikembangkan!
|
|
15.15 -
16.10
|
c. Melakukan
analisis KD pengetahuan dan keterampilan menggunakan
lembar
kegiatan (LK-1b sampai 1d) secara individu dengan langkah-langkah
sebagai berikut
(55’):
1) Untuk
jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran
(PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang
berjalan!
2) Untuk
jenjang SMP/SMA/SMK (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester
yang sedang berjalan!
3)
Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD
Keterampilan pada LK-1.b!
4)
Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi
pengetahuan dan proses berpikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta
menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5)
Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan
pada LK-1.d!
|
|
16.10 -
16.20
|
:
|
Fasilitator
memfasilitasi presentasi konsep HOTS kelompok (10’).
|
16.20 -
16.30
|
:
|
Fasilitator
memberikan Reviu konsep HOTS dan mengenalkan Unit Pembelajaran yang akan dianalisis
pada IN-2 serta memberikan penjelasan format monitoring yang harus diisi
selama kegiatan PKP sebagai kartu konsultasi tagihan(10’).
|
No
|
Nama Guru Sasaran
|
Mereviu No...
|
1
|
NI MADE SARIASIH
|
2
|
2
|
MADE BAGIASTRA
|
3
|
3
|
I KETUT SUENDI
|
4
|
4
|
NI KETUT MURNAMAWATI
|
5
|
5
|
MADE SUBAWA
|
6
|
6
|
I NYOMAN ALIT TIANA
|
7
|
7
|
I KETUT WARTIKA
|
8
|
8
|
SRI NINGSIH
|
9
|
9
|
I GEDE SUTARIANA
|
10
|
10
|
AGUNG BAGUS HARDI WIRATA
|
11
|
11
|
I KETUT SUWITA
|
12
|
12
|
DIDIK JULIAWAN
|
13
|
13
|
I MADE KARTIKA SARI
|
14
|
14
|
I NYOMAN SUTARMA
|
15
|
15
|
NI PUTU SHINTA APRININGSIH
|
16
|
16
|
I MADE WALI
|
17
|
17
|
I PUTU GEDE BAWAYASA
|
18
|
18
|
I MADE SUMERTA ARIMBAWA
|
19
|
19
|
NI LUH PUTU SUNARIYATI
|
20
|
20
|
I KETUT SUDI SUTAMA
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar