Minggu, 24 November 2019

PKP IN-1: PERTEMUAN AWAL

IN-1 PERTEMUAN AWAL
Kegiatan 1
:
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
Waktu
:
1JP
Media
:
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Buku Pedoman Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
3. Petunjuk Teknis (Juknis) Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
4. Bahan Presentasi
Bahan Tayang
:
LK
:
-
Langkah-langkah
:

09.00 - 09.25
:
Peserta menyimak paparan tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi (25’).
09.25 - 09.45
:
Tanya jawab tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi (20’).

Kegiatan 2
:
Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis HOTS
Waktu
:
1JP
Media
:
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan Presentasi
Bahan Tayang
:
LK
:
-
Langkah-langkah
:

09.45 - 09.50
:
Fasilitator memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran serta membagi 4 kelompok besar (5’)
09.50 - 10.00
:
Peserta menuliskan contoh penerapan PPK dan GLN di sekolah masing-masing ke kertas post-it (10’)
10.00 - 10.10
:
Ketua kelompok memfasilitasi setiap anggota untuk menempelkan dan mengategorikan post-it contoh penerapan PPK dan GLN pada kertas plano yang ditentukan fasilitator. (10’)
10.10 - 10.20
:
Peserta melakukan walking gallery ke kelompok lain (10’)
10.20 - 10.30
:
Fasilitator memberikan penguatan. (10’)

Kegiatan 3
:
Pengenalan Kelas Pendampingan Online
Waktu
:
4JP
Media
:
1. Buku Pegangan Instruktur Kab./Kota
2. Buku Manual Pendampingan Online
3. Bahan Presentasi
4. Laptop
5. Akses Internet
6. Alamat website pendampingan online
Bahan Tayang
:
LK
:
-
Langkah-langkah
:

10.30 - 13.00
:
Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok (@ 4 orang) (150’)
a. Peserta membuka SIM PKB dengan username dan password masing-masing,
b. Peserta membuka kelas pendampingan online yang terdapat pada SIM
PKB,
c. Peserta melakukan aktivitas pembelajaran pada sesi latihan.
13.00 - 13.30
:
Fasilitator memberikan penguatan. (30’)

Kegiatan 4
:
Konsep HOTS dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (unit ke-1)
Waktu
:
4JP
Media
:
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Buku
3. Unit Pembelajaran HOTS
4. Dokumen Regulasi yang terkait
5. Bahan Presentasi
6. LK-1 Konsep HOTS
7. Video Pembelajaran HOTS
8. R-1. Rubrik Hasil Kajian.
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

13.30 - 13.50
:
Fasilitator menjelaskan cara pengisian dan kegunaan Penilaian Diri bagi guru. Dengan langkah kegiatan sebagai berikut (20’):
a Mendiskusikan teknik pengisian instrumen Penilaian Diri
b Mengisi instrumen Penilaian Diri
c Mendiskusikan hasil Penilaian Diri
13.50 - 14.10
:
Fasilitator menjelaskan konsep dasar HOTS yang memuat pengertian, karakteristik, aspek, dan dimensi pengetahuan serta dimensi berpikir (20’)
14.10 - 14.55















:
Peserta dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan maksimal 4 orang, setiap kelompok mendiskusikan Konsep HOTS dengan menggunakan lembar kegiatan (LK-1).
a. Mengkaji Konsep HOTS menggunakan LK-1a dengan langkah-langkah
sebagai berikut (1 JP)
1) Cermatilah contoh Video Pembelajaran!
2) Cermatilah RPP yang sesuai dengan Video Pembelajaran yang dianalisis!
3) Tuliskan kegiatan pembelajaran yang menggambarkan aktivitas pembelajaran:
a) PPK
b) Literasi
c) Transfer Knowledge
d) Critical dan creative thinking
e) Problems solving
4) Guru inti menunjuk 2 kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada LK-1.a.
14.55 - 15.15


















b. Khusus jenjang SMP, SMA dan SMK mengkaji hasil Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan data dari PUSPENDIK pada aplikasi PAMER (20’), dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Memperhatikan data UN dari PUSPENDIK pada aplikasi PAMER
2) Melakukan analisis dari hasil UN dengan kegiatan:
- Pilih salah satu CAKUPAN MATERI pada mata pelajaran yang di UN kan!
- Berdasarkan hasil PRESENTASE SISWA BENAR dari rata-rata SEKOLAH nilai yang diperoleh siswa di bawah KKM MATA PELAJARAN terdapat pada KEMAMPUAN YANG DIUJI dan pada KD KELAS/SEMESTER mana saja?
- Bandingkan rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata KAB/KOTA
- Bandingkan rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata PROPINSI
- Banding rata-rata SEKOLAH dengan rata-rata NASIONAL
- Buatlah kesimpulan dan saran dari hasil analisis pada satu CAKUPAN MATERI tersebut!
- Berdasarkan hasil analisis tentukan Unit Pembelajaran/bahan pembelajaran yang diprioritaskan untuk dikembangkan!
15.15 - 16.10

c. Melakukan analisis KD pengetahuan dan keterampilan menggunakan
lembar kegiatan (LK-1b sampai 1d) secara individu dengan langkah-langkah
sebagai berikut (55’):
1) Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!
2) Untuk jenjang SMP/SMA/SMK (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!
3) Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!
4) Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berpikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5) Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!
16.10 - 16.20
:
Fasilitator memfasilitasi presentasi konsep HOTS kelompok (10’).
16.20 - 16.30
:
Fasilitator memberikan Reviu konsep HOTS dan mengenalkan Unit Pembelajaran yang akan dianalisis pada IN-2 serta memberikan penjelasan format monitoring yang harus diisi selama kegiatan PKP sebagai kartu konsultasi tagihan(10’).

No
Nama Guru Sasaran
Mereviu No...
1
NI MADE SARIASIH
2
2
MADE BAGIASTRA
3
3
I KETUT SUENDI
4
4
NI KETUT MURNAMAWATI
5
5
MADE SUBAWA
6
6
I NYOMAN ALIT TIANA
7
7
I KETUT WARTIKA
8
8
SRI NINGSIH
9
9
I GEDE SUTARIANA
10
10
AGUNG BAGUS HARDI WIRATA
11
11
I KETUT SUWITA
12
12
DIDIK JULIAWAN
13
13
I MADE KARTIKA SARI
14
14
I NYOMAN SUTARMA
15
15
NI PUTU SHINTA APRININGSIH
16
16
I MADE WALI
17
17
I PUTU GEDE BAWAYASA
18
18
I MADE SUMERTA ARIMBAWA
19
19
NI LUH PUTU SUNARIYATI
20
20
I KETUT SUDI SUTAMA
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar