Senin, 25 November 2019

PKP IN-2: PENGEMBANGAN DAN REVIU DESAIN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN HOTS

IN-2: PENGEMBANGAN DAN REVIU DESAIN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN HOTS
Kegiatan 1
:
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
Waktu
:
08.00 - 10.00
Media
:
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan Presentasi
3. Unit Pembelajaran 1 dan 2
4. LK-2. Analisis Unit Pembelajaran 1 dan 2
5. R-2. Telaah Unit
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

08.00 - 08.05
:
1. Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pendalaman materi pembelajaran berorientasi HOTS
08.05 - 08.10
:
2. Guru inti memberikan arahan kepada peserta untuk menentukan:
a. Menentukan unit pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik pada waktu On-2 dan On-3!
b. Menentukan unit pembelajaran berdasarkan KD pada semester yang sedang berjalan berdasarkan pada program semester yang telah disusun!
c. Menentukan dua unit pembelajaran untuk setiap siklus pembelajaran!
08.10 - 09.30
:
3. Guru Inti menugaskan kepada peserta secara individu untuk melakukan analisis terhadap unit pembelajaran yang sudah dipilih dengan menggunakan lembar kerja LK-2.
09.30 - 09.50
:
4. Peserta melakukan presentasi hasil analisis LK-2
09.50 - 10.00
:
5. Penguatan
Kegiatan 2
:
Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
Waktu
:
10.00 - 14.00
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Unit Pembelajaran
3. Bahan Presentasi
4. LK-3. Format Desain Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran
5. R-3. Desain Pembelajaran
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

10.00 - 10.10
:
1. Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario desain pembelajaran berorientasi HOTS.
10.10 - 10.30
:
2. Peserta dan Guru Inti mendiskusikan tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS.
10.30 - 13.30
:
3. Peserta secara mandiri mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan ketentuan:
a. Menentukan satu unit dari dua unit pembelajaran yang telah dianalisis pada kegiatan 1 untuk didesain dan digunakan pada ON-2
13.30 - 13.50
:
4. Peserta secara individu maupun kelompok mendiskusikan tugas mandiri yang telah dikerjakan dengan Guru Inti guna untuk ketuntasan tugas yang dikerjakan.
13.50 - 14.00
:
5. Penguatan.

Kegiatan 3
:
Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
Waktu
:
14.00 - 16.00
Media
:
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS
3. Unit Pembelajaran
4. Bahan Presentasi
5. LK-4.a Kisi-Kisi Soal HOTS
6. LK-4.b Kartu Soal Pilihan Ganda Soal HOTS
7. LK-4.c Kartu Soal Uraian Soal HOTS
8. LK-4.d Format Telaah Soal
9. R-4. Rubrik Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
Bahan Tayang
:
LK
:
Langkah-langkah
:

14.00 - 14.10
:
1. Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario penilaian pembelajaran berorientasi HOTS.
14.10 - 14.30
:
2. Peserta dan Guru Inti mendiskusikan tentang pengembangan penilaian pembelajaran berorientasi HOTS.
14.30 - 15.30
:
3. Peserta secara mandiri mengembangkan penilaian pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-4) dengan ketentuan (110’):
a. Mengembangkan penilaian pembelajaran berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih.
b. Menyusun soal HOTS dengan menggunakan LK-4 dengan langkah kegiatan sebagai berikut :
1) Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2) Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3) Menyusun soal uraian pada LK-4.c
c. Peserta bertukar soal yang sudah disusun dengan tema sekelompok dan melakukan telaah soal dengan menggunakan format LK-4d
15.30 - 15.50
:
4. Peserta baik secara individu maupun kelompok mendiskusikan tugas mandiri yang telah dikerjakan dengan Guru Inti untuk ketuntasan tugas yang dikerjakan
15.50 - 16.00
:
5. Penguatan.

No
Nama Guru Sasaran
Mereviu No...
1
NI MADE SARIASIH
2
2
MADE BAGIASTRA
3
3
I KETUT SUENDI
4
4
NI KETUT MURNAMAWATI
5
5
MADE SUBAWA
6
6
I NYOMAN ALIT TIANA
7
7
I KETUT WARTIKA
8
8
SRI NINGSIH
9
9
I GEDE SUTARIANA
10
10
AGUNG BAGUS HARDI WIRATA
11
11
I KETUT SUWITA
12
12
DIDIK JULIAWAN
13
13
I MADE KARTIKA SARI
14
14
I NYOMAN SUTARMA
15
15
NI PUTU SHINTA APRININGSIH
16
16
I MADE WALI
17
17
I PUTU GEDE BAWAYASA
18
18
I MADE SUMERTA ARIMBAWA
19
19
NI LUH PUTU SUNARIYATI
20
20
I KETUT SUDI SUTAMA
1

1 komentar: