IN-2: PENGEMBANGAN DAN REVIU DESAIN DAN PENILAIAN
PEMBELAJARAN HOTS
Kegiatan 1
|
:
|
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Waktu
|
:
|
08.00 - 10.00
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan
Presentasi
3. Unit
Pembelajaran 1 dan 2
4. LK-2.
Analisis Unit Pembelajaran 1 dan 2
5. R-2.
Telaah Unit
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
08.00 -
08.05
|
:
|
1. Guru
Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pendalaman materi
pembelajaran berorientasi HOTS
|
08.05 -
08.10
|
:
|
2. Guru
inti memberikan arahan kepada peserta untuk menentukan:
a. Menentukan
unit pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik pada waktu On-2 dan
On-3!
b. Menentukan
unit pembelajaran berdasarkan KD pada semester yang sedang berjalan
berdasarkan pada program semester yang telah disusun!
c. Menentukan
dua unit pembelajaran untuk setiap siklus pembelajaran!
|
08.10 - 09.30
|
:
|
3. Guru
Inti menugaskan kepada peserta secara individu untuk melakukan analisis
terhadap unit pembelajaran yang sudah dipilih dengan menggunakan lembar kerja
LK-2.
|
09.30 - 09.50
|
:
|
4. Peserta
melakukan presentasi hasil analisis LK-2
|
09.50 - 10.00
|
:
|
5. Penguatan
|
Kegiatan 2
|
:
|
Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit
ke-1
|
Waktu
|
:
|
10.00 - 14.00
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Unit
Pembelajaran
3. Bahan
Presentasi
4. LK-3.
Format Desain Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran
5. R-3.
Desain Pembelajaran
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
10.00 - 10.10
|
:
|
1. Guru
Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario desain pembelajaran
berorientasi HOTS.
|
10.10 -
10.30
|
:
|
2. Peserta
dan Guru Inti mendiskusikan tentang desain pembelajaran berorientasi HOTS.
|
10.30 -
13.30
|
:
|
3. Peserta
secara mandiri mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan
ketentuan:
a. Menentukan
satu unit dari dua unit pembelajaran yang telah dianalisis pada kegiatan 1
untuk didesain dan digunakan pada ON-2
|
13.30 - 13.50
|
:
|
4. Peserta
secara individu maupun kelompok mendiskusikan tugas mandiri yang telah
dikerjakan dengan Guru Inti guna untuk ketuntasan tugas yang dikerjakan.
|
13.50 -
14.00
|
:
|
5. Penguatan.
|
Kegiatan 3
|
:
|
Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Waktu
|
:
|
14.00 - 16.00
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Buku
Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS
3. Unit
Pembelajaran
4. Bahan
Presentasi
5. LK-4.a
Kisi-Kisi Soal HOTS
6. LK-4.b
Kartu Soal Pilihan Ganda Soal HOTS
7. LK-4.c
Kartu Soal Uraian Soal HOTS
8. LK-4.d
Format Telaah Soal
9. R-4.
Rubrik Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
14.00 -
14.10
|
:
|
1. Guru
Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario penilaian pembelajaran
berorientasi HOTS.
|
14.10 - 14.30
|
:
|
2. Peserta
dan Guru Inti mendiskusikan tentang pengembangan penilaian pembelajaran
berorientasi HOTS.
|
14.30 - 15.30
|
:
|
3. Peserta
secara mandiri mengembangkan penilaian pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-4)
dengan ketentuan (110’):
a. Mengembangkan
penilaian pembelajaran berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih.
b. Menyusun
soal HOTS dengan menggunakan LK-4 dengan langkah kegiatan sebagai berikut :
1) Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2) Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3) Menyusun soal uraian pada LK-4.c
c. Peserta
bertukar soal yang sudah disusun dengan tema sekelompok dan melakukan telaah
soal dengan menggunakan format LK-4d
|
15.30 - 15.50
|
:
|
4. Peserta
baik secara individu maupun kelompok mendiskusikan tugas mandiri yang telah
dikerjakan dengan Guru Inti untuk ketuntasan tugas yang dikerjakan
|
15.50 - 16.00
|
:
|
5. Penguatan.
|
No
|
Nama Guru Sasaran
|
Mereviu No...
|
1
|
NI MADE SARIASIH
|
2
|
2
|
MADE BAGIASTRA
|
3
|
3
|
I KETUT SUENDI
|
4
|
4
|
NI KETUT MURNAMAWATI
|
5
|
5
|
MADE SUBAWA
|
6
|
6
|
I NYOMAN ALIT TIANA
|
7
|
7
|
I KETUT WARTIKA
|
8
|
8
|
SRI NINGSIH
|
9
|
9
|
I GEDE SUTARIANA
|
10
|
10
|
AGUNG BAGUS HARDI WIRATA
|
11
|
11
|
I KETUT SUWITA
|
12
|
12
|
DIDIK JULIAWAN
|
13
|
13
|
I MADE KARTIKA SARI
|
14
|
14
|
I NYOMAN SUTARMA
|
15
|
15
|
NI PUTU SHINTA APRININGSIH
|
16
|
16
|
I MADE WALI
|
17
|
17
|
I PUTU GEDE BAWAYASA
|
18
|
18
|
I MADE SUMERTA ARIMBAWA
|
19
|
19
|
NI LUH PUTU SUNARIYATI
|
20
|
20
|
I KETUT SUDI SUTAMA
|
1
|
Mantap..lanjutkan..!!
BalasHapus