Dimohonkan kepada seluruh pembina ekstra agar menyetorkan nilai ekstra paling lambat hari Kamis, 12 Desember 2019.
Jumat, 06 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019
Format Nilai Perhotelan Semester Ganjil TP 2019/2020
Kepada guru-guru perhotelan agar mengunduh (download) format nilai perhotelan berikut!
Langkah-langkah:
1) klik tautan (link) yang tersedia
2) unduh (download) format pada tautan yang tersedia
3) isi nilai sebagai berikut
- Kognitif: nilai pengetahuan, diisi angka puluhan (xx)
- Psikomotor: nilai keterampilan siswa, diisi angka puluhan (xx)
- Afektif: nilai sikap siswa, diisi predikat A, B, C, atau K
- Deskripsi: uraian kompetensi yang telah dicapai siswa dan yang perlu ditingkatkan
4) unggah (upload) kembali format nilai yang telah terisi ke whatsapp atau ke alamat: Link Upload
Langkah-langkah:
1) klik tautan (link) yang tersedia
2) unduh (download) format pada tautan yang tersedia
3) isi nilai sebagai berikut
- Kognitif: nilai pengetahuan, diisi angka puluhan (xx)
- Psikomotor: nilai keterampilan siswa, diisi angka puluhan (xx)
- Afektif: nilai sikap siswa, diisi predikat A, B, C, atau K
- Deskripsi: uraian kompetensi yang telah dicapai siswa dan yang perlu ditingkatkan
4) unggah (upload) kembali format nilai yang telah terisi ke whatsapp atau ke alamat: Link Upload
Selasa, 03 Desember 2019
PKP ON-2: PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1
ON-2 PRAKTIK PEMBELAJARAN UNIT KE-1
Kegiatan 1
|
:
|
Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS Unit ke-1 (RPP
ke-1)
|
Waktu
|
:
|
5 JP
|
Media
|
:
|
1. Buku Pegangan Guru Inti di Sasaran Zonasi Program PKP
2. Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP)
3. Format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
4. LK-7 Jurnal Praktik Mengajar
5. Rubrik Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Panduan
KS-PS
|
:
|
|
Instrumen
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan praktik
pembelajaran
|
:
|
Peserta melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah
disusun pada kegiatan IN-3
|
|
:
|
Pengawas pembina melakukan pengamatan praktik pembelajaran yang
dilakukan peserta dengan menggunakan format yang telah tersedia
|
|
:
|
Peserta mengisi Jurnal Praktik Mengajar (LK-7)
|
Senin, 02 Desember 2019
PKP IN-3: REVIU RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK UNIT KE-2
IN-3: REVIU RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK UNIT
KE-2
Kegiatan 1
|
:
|
Reviu RPP Unit ke-1
|
Waktu
|
:
|
08.00 - 11.00
|
Media
|
:
|
1. Buku Pegangan Guru Inti di Zonasi Program PKP
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran On-2
3. Bahan Presentasi
4. LK-6 Reviu RPP
5. R-6. Rubrik Tinjauan RPP
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
08.00 -
08.10
|
:
|
Guru Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario
pembelajaran Reviu RPP (10’),
|
08.10 -
08.25
|
:
|
Peserta dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik melakukan Reviu RPP
berorientasi HOTS (15’)
|
08.25 -
08.35
|
:
|
Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang
dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain berdasarkan
pembagian dari Guru Inti untuk melakukan Reviu RPP dengan menggunakan LK-6
kemudian memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti
terkait RPP yang di-Reviu (10’)
|
08.35 -
10.50
|
:
|
Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu LK-6 (135’)
|
10.50 -
11.00
|
:
|
Penguatan
|
Jumat, 29 November 2019
PKP ON-1: PENYUSUNAN RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNIT KE-2
ON-1 PENYUSUNAN RPP UNIT KE-1 DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNIT
KE-2
Kegiatan 1
|
:
|
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Waktu
|
:
|
10 JP
|
Media
|
:
|
1. Buku Pegangan Guru Inti di Zonasi Program PKP
2. LK-5 Pengembangan RPP
3. LK-3 Desain Pembelajaran
4. LK-4.a Kisi-kisi Soal HOTS
5. LK-4.b Kartu Soal Pilihan Ganda Soal HOTS
6. LK-4.c Kartu Soal Uraian Soal HOTS
7. R-4. Rubrik Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS
8. R-5. Desain Pembelajaran
9. R-6. Rubrik Pengembangan RPP
|
Panduan
KS-PS
|
:
|
|
Instrumen
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
1. Pengembangan Pembelajaran:
a. Peserta mengkaji sistematika penyusunan RPP berorientasi
HOTS (LK-5)
b. RPP disusun secara individu sesuai dengan
jenjangnya berdasarkan pada LK-3 yang telah dikerjakan pada kegiatan IN-2
c. Melengkapi RPP dengan penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
d. Penilaian pengetahuan memasukkan soal-soal
HOTS yang telah disusun pada LK-4 di kegiatan IN-2.
e. Menyusun Bahan Ajar dan dilampirkan pada
RPP.
|
:
|
2. Desain Pembelajaran Unit
ke-2
a. Mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja
(LK-3) dengan ketentuan (110’):
1) Unit pembelajaran ke-2 didesain untuk
digunakan pada ON-3.
2) Guru kelas (tematik terpadu):
- Mendesain pembelajaran
dengan memadukan minimal dua mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada On-3.
- Jika pada On-3 muatan
mata pelajaran yang akan diajarkan tidak ada unit pembelajarannya maka guru
harus mengembangkan sendiri muatan mata pelajaran tersebut dan dipadukan
dengan muatan mata pelajaran yang ada unit pembelajarannya.
|
|
3. Desain Penilaian
Pembelajaran
a. Mengembangkan penilaian pembelajaran
berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih pada LK-4.
b. Menyusun soal HOTS dengan menggunakan LK-4
dengan langkah kegiatan sebagai berikut:
1) Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2) Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3) Menyusun soal uraian pada LK-4.c
|
Format Penskoran PAS Tahun Pelajaran 2019/2020
Bapak/Ibu guru yang memerlukan format penskoran pilihan ganda dan uraian pada penilaian akhir semester (PAS) tahun pelajaran 2019/2020 agar mengunduh pada tautan berikut.
Senin, 25 November 2019
PKP IN-2: PENGEMBANGAN DAN REVIU DESAIN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN HOTS
IN-2: PENGEMBANGAN DAN REVIU DESAIN DAN PENILAIAN
PEMBELAJARAN HOTS
Kegiatan 1
|
:
|
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Waktu
|
:
|
08.00 - 10.00
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan
Presentasi
3. Unit
Pembelajaran 1 dan 2
4. LK-2.
Analisis Unit Pembelajaran 1 dan 2
5. R-2.
Telaah Unit
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
08.00 -
08.05
|
:
|
1. Guru
Inti memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pendalaman materi
pembelajaran berorientasi HOTS
|
08.05 -
08.10
|
:
|
2. Guru
inti memberikan arahan kepada peserta untuk menentukan:
a. Menentukan
unit pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik pada waktu On-2 dan
On-3!
b. Menentukan
unit pembelajaran berdasarkan KD pada semester yang sedang berjalan
berdasarkan pada program semester yang telah disusun!
c. Menentukan
dua unit pembelajaran untuk setiap siklus pembelajaran!
|
08.10 - 09.30
|
:
|
3. Guru
Inti menugaskan kepada peserta secara individu untuk melakukan analisis
terhadap unit pembelajaran yang sudah dipilih dengan menggunakan lembar kerja
LK-2.
|
09.30 - 09.50
|
:
|
4. Peserta
melakukan presentasi hasil analisis LK-2
|
09.50 - 10.00
|
:
|
5. Penguatan
|
Minggu, 24 November 2019
PKP IN-1: PERTEMUAN AWAL
IN-1 PERTEMUAN AWAL
Kegiatan 1
|
:
|
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
|
Waktu
|
:
|
1JP
|
Media
|
:
|
1. Buku Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Buku Pedoman Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
3. Petunjuk Teknis (Juknis) Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
4. Bahan Presentasi
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
-
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
09.00 -
09.25
|
:
|
Peserta menyimak paparan tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP
Berbasis Zonasi (25’).
|
09.25 -
09.45
|
:
|
Tanya jawab tentang Kebijakan Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi
(20’).
|
Kegiatan 2
|
:
|
Integrasi
PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis HOTS
|
Waktu
|
:
|
1JP
|
Media
|
:
|
1. Buku
Pegangan Pembekalan Instruktur Kab./Kota
2. Bahan
Presentasi
|
Bahan
Tayang
|
:
|
|
LK
|
:
|
-
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
09.45 -
09.50
|
:
|
Fasilitator
memberikan pengantar tujuan, indikator dan skenario pembelajaran serta
membagi 4 kelompok besar (5’)
|
09.50 -
10.00
|
:
|
Peserta
menuliskan contoh penerapan PPK dan GLN di sekolah masing-masing ke kertas post-it
(10’)
|
10.00 -
10.10
|
:
|
Ketua
kelompok memfasilitasi setiap anggota untuk menempelkan dan mengategorikan
post-it contoh penerapan PPK dan GLN pada kertas plano yang ditentukan
fasilitator. (10’)
|
10.10 -
10.20
|
:
|
Peserta
melakukan walking gallery ke kelompok lain (10’)
|
10.20 -
10.30
|
:
|
Fasilitator
memberikan penguatan. (10’)
|
Mat 11: Latihan Soal Matematika Minat PAS TP 2019/2020
Berikut ini adalah latihan soal Matematika Minat penilaian akhir semester untuk tahun pelajaran 2019/2020
Jumat, 22 November 2019
Mat 10: Latihan Soal Matematika Minat PAS TP 2019/2020
Berikut ini adalah soal latihan matematika minat penilaian akhir semester 2019/2020.
Langganan:
Postingan (Atom)